Jumat, 25 November 2011

Selamat Hari Guru Nasional


        Pada tanggal 25 November 1945, atau 100 hari setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, para guru di Indonesia sepakat bersatu dalam wadah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Peristiwa luar biasa ini terjadi dalam Kongres Guru Indonesia, tanggal 24-25 November 1945, di Surakarta.

        Guru-guru yang hadir di sana, mencakup guru-guru yang aktif mengajar, pensiunan yang aktif berjuang, dan pegawai pendidikan RI yang baru dibentuk. Mereka serentak bersatu untuk mengisi kemerdekaan, dengan tiga tujuan: 1) Mempertahankan dan menyempurnakan Republik Indonesia; 2) Mempertinggi tingkat pendidikan dan pengajaran sesuai dengan dasar-dasar kerakyatan; 3) Membela hak dan nasib buruh umumnya, dan guru pada khususnya.

        Dalam perkembangannya, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tetap setia mengabdi sebagai organisasi perjuangan, organisasi profesi, dan organisasi ketenagakerjaan-yang bersifat unitaristik, independen, dan tidak berpolitik praktis. Oleh karena itu, sebagai penghormatan kepada guru, Pemerintah Republik Indonesia dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan hari lahir PGRI sebagai Hari Guru Nasional, yang kini diperingati setiap tahun.

Hari Guru 2011


        Puncak peringatan Hari Guru Nasional 2011 akan digelar di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, pada 30 November mendatang. Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini mengambil tema "Meningkatkan Peran Strategis Guru untuk Membangun Karakter Bangsa-Peningkatan Kinerja Guru untuk Pendidikan Bermutu".

        Acara akan dihadiri Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohamad Nuh, para ketua lembaga tinggi negara, dan para Menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu II, serta sekitar 4500 orang guru.

        Mohamad Nuh sendiri, dalam upacara Hari Guru Nasional di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (25/11) ini, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi, komitmen, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan oleh para guru, tenaga pendidik dan kependidikan, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

        Menurutnya tugas guru sangat mulia karena menyiapkan generasi penerus demi masa depannya yang lebih baik, lebih berbudaya, dan sekaligus membangun peradaban.
Andrie Wongso


        Motivator kita Bpk. Andrie Wongso pun sangat peduli pada peran dan keberadaan guru, khususnya dalam hal pembentukan kualitas sumber daya manusia. Pada 29 November mendatang, dalam event yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Medan, rencananya beliau akan memotivasi 1.000 orang pendidik di kota terbesar ketiga Indonesia itu.

         Mengenai Hari Guru sendiri, beliau bertutur, "Walaupun saya tidak sekolah tinggi, patut saya bersyukur kepada para Guru yang membuat saya bisa baca-tulis dan sukses seperti hari ini. Salam hormat Luar Biasa! Selamat Hari Guru Nasional!"


Penulis : Tim AndrieWongso